Minggu, 25 Maret 2012

Sayang bawa aku ke restoran dong


Saya pake judul diatas soalnya permintaan dari narasumbernya yang punya cerita aneh. Soalnya saya Cuma seorang pengkritik, bukan seorang narasumber.
Restoran, mungkin orang udah tau lah restoran itu apa. Bandung kayanya yang paling banyak, soalnya bandung kan kata orang sih kota kuliner. Ya sedikit bangga lah dapet sebutan itu, artinya bandung menginspirasi orang lain buat bikin usaha di bidang lain. Oke kita berpikir sedikit. Logikanya kuliner itu dibutuhkan beberapa sarana penunjang, seperti parkir, terus supplier makanan, iklan, yang paling penting itu tempat “pembuangan”. Oke deh kita bahas satu-satu

1. Parkiran
1.      Hampir semua restoran itu punya tempat parker, ya biasanya dijaga tukang parker kan, tapi kenapa ya katanya tukang parker tapi kerjaanya Cuma nungguin kendaraan aja sambil ngopi sambil jongkok, terus kerjaannya paling berat itu ngangkatin motor. Ini mesti dibenerin yang pertama kenapa disebut tukang parker bukan tukang jagain kendaraan, soalnya yang memarkirkan kendaraan ya kita sendiri yang punya kendaraan, ya kecuali valet parking. Terus kenapa mereka itu merti ngangkatin motor, padahal kita tau, tukang parker itu kurus, kerempeng, malahan udah yang agak tua. Udah berdosa secara tidak langsung sebenernya kita. Gimana kalo si tukang parkirnya jadi hernia gara-gara ngangkatin motor terus, gara-gara dia hernia dia jadi ga punya keturunan, gara-gara dia ga punya keturunan dia cerai sama istrinya, gara-gara dia cerai sama istrinya orang tuanya meninggal karena kaget (jantungan orang tuanya), dia ga bisa nguburin orang tuanya gara-gara dia ga jadi tukang parker lagi karena dia hernia, ya udah ga kuat lah gitu, nah terus gimana kalo dia stress terus dia meninggal, siapa yang mau nguburin dia sama orang tuanya? Tragis.
2.      Kalo ada restoran pasti ada supplier amakanan dong, iya kan? Nah da yang janggal juga menurut saya tentang system penyuplayan makanan ini. Diantaranya penyuplaian udang ke beberapa hotel. Ya celoteh “burung” gitu katanya bagus atau jeleknya udang bukan udang sih lobster tepatnya, dinilai dari banyaknya kumis si lobster. Saya sih ga ngerti ya ko bisa kaya gitu.  Lagian nantinya tuh udangnya dimakan udah dimakan jadi (maaf) ee’, terus ngapain masih ngurusin kumis udang? Lagian saya aja yang kadang berkumis kadang ga berkumis masih boleh masuk tuh ke hotel. Saya sempet mikir gitu kan, kayanya sebelum kita usaha untuk jadi supplier lobster, kayang mesti udah siapin dana buat obat penumbuh kumisnya juga, atau jangan jangan kumis udangnya mesti kaya orang gitu kan, bisa aja. Jadi si kumisnya itu man dibentuk kaya pager kecamatan yang baplang gitu, atau kaya tukang sate di komplek saya yang kumisnya lebat terus bisa dipelintir pelintir gitu kalo dia lagi bakar sate, kan keren tuh kalo ada udang yang kumisnya gitu, jadi ngegemesin mungkin ya? Atau itu kumisnya bisa jadi cinderamata hotel, atau tanda terima kasih telah makan di restoran tersebut. 

     2.  Suplier Makanan
Kan kita udah tau di bandung ini banyak restoran yang berbasis tradisional gitu kan? Saya sebagai pengusaha telor asin beberapa bulan yang lalu, pernah coba jadi supplier telor asin di restoran tradisional gitu. Ya kita itu mesti bersaing sama supplier yang lain biar bisa jual telor asin yang kita jual itu kan, ya bahasa gaulnya sih kita mesti menang tender lah gitu. Eh  saya kalah saing, kebetulan temen saya itu sodaranya pengelola restoran itu. Dia bilang telor saya kalo dari rasa emang udah menang, super asin kata dia. Tapi yang bikin gagal itu karen kuning telurnya kurang menarik gitu. Katanya kuningnya itu kurang memerah, kurang berminyak. Oke sekarang logikanya namanya aja kuning telur, dari dulu sampe sekarang belum ada yang ngomong merah telor, terus kenapa mesti merah? Dikiranya lampu merah gitu ya. Malahan bahaya juga kalo kuning telor kaya lampu merah gitu, gimana kalo ada tukang asongan, gimana klo ada pengemis, tapi itu masih mending, sekarang coba kamu piker kalo ada banci yang ngamen gimana? Ga ada yang beli itu telor. Yang lebih parah lagi kalo ada jablay gitu kan yang mangkal kaya di lampu merah, ga lama suami istri yang makan telor asin di restoran itu cerai pasti. Kan merugikan kalo kuning telor itu diganti warna lain. Amit-amit deh, jangan sampe ada banci ngamen.

3. Iklan dan promosi
3.      Iklan punya peranan penting buat berkembangnya suatu perusahaan, termasuk restoran. Mungkin dulu cara restoran itu promosi atau mengiklankan jualanya dengan memasang billboard yang gede benget yang bisa dilihat dari berbagai arah. Tapi sekarang udah taun millennium, modern gitu. Sekarang cara promosi makanan itu banyak yang pake cara masukkin ke acara kuliner-kuliner. Emang belakangan ini lagi beken banget acara kuliner. Ngedadak cewe-cewe cantik yang cakep gitu yang biasanya kita tau mereka tuh kalo ditawarin makan mesem-mesem malu gitu kan, nah kalo di tv jaman sekarang beda. Banyak cewe-cewe yang cakep itu jadi doyan nyicipin makanan. Ada yang bilang kalo ada acara kuliner gitu, restoran menggratiskan makanannya, tapi saya kurang tau juga, itu masih jadi celoteh “burung”. Nah ada kejadian gerombolan anak kostan yang kelaparan pengen makan, mereka minjem id card temenya yang kerja di tv swasta daerahnya, terus minjem kamera gitu. Eh gatau kenapa mereka bisa makan gratis pake acara itu. Ya dia udah ngadalin yang punya restoran. Mungkin ngomongnya mereka dari acara kuliner tv tersebut. Aduh kasian ya ditipu anak kosta. Emang bener ketika dalam keadaan terdesak itu ada kekuatan yang kita ga ketahui tiba-tiba ada aja gitu. Hidup anak kostan.

Untuk tempat pembuangan mungkin kita bahas lain kali aja. Saya lagi makan ini waktu bikin karangan ini. Jadi takut terjadi hal-hal yang ga enak gitu, kalo saya cerita tentang ee’ sekarang. Maaf sekali lagi ini Cuma guyon semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar