Rabu, 14 Maret 2012

Koleksi Ambigu, (wajib tau !)

Ambigu udah sering kita denger dari jaman sd kali ya, tapi kalo yang jaman sd nya cuma berkutat dengan buku-buku diktat, lks, buku paket, kasian lah, ga akan tau. Atau kebalik ya? gatau lah pokonya yang saya tau ambigu itu kan kalimat yang punya arti ganda. Kalimat jaman TK, SD, SMP sampai kuliah kayanya banyak yang ambigu.

List list kata ambigu yang sering kita denger :
1. Ayah bermain burung di pagi hari
Kalimat ini ga baik sebenarnya untuk konsumsi anak anak dibawah umur, kata ambigu di kalimat ini yaitu, "burung". Kata berkutip ini tidak pernah dijelaskan oleh guru, itu bener-bener burung atau "burung". sedangkan ketika seorang anak menunjuk pada (maaf) penis temanya atau penisnya, ibunya ataupun ayahnya pasti bilang "Nak itu burung kamu nak". ga kebayang deh kalo yang baca anak yang emang jenius gitu dan punya pikiran panjang, pasti pas disekolah ada guru ngomong " Ayah bermain burung di pagi hari" maka anak itu akan ingat ke perkataan orang tuanya. aduh gawat deh pokonya.

2. Ular ini bersifat nocturnal (aktif di malam hari)
Kalimat ini saya sering denger di acara televisi swasta, ular yang aktif di malam hari, terus kalo si pembawa acara nangkap ular di daerah perkampungan dimalam hari, gawat kan kalo si "ular" keliaran ke rumah janda,. ularnya itu loh yang ambigu.

3. Kamu lagi ngidam apa hari ini???
Kalimat ini yang bener-bener mengagetkan seseorang yang realitas seperti saya. Kenapa ?
ini kejadian nyata, waktu itu temen saya ada yang pulang dari jepang kita inisialkan si A, dia sampe hari ini masih di bandung, terus temen saya yang kita inisialkan si P nelfon kan sama dia, eh si P ini bilang "Hey A, kita lagi mau keluar bareng nih, mau makan,, kamu lagi ngidam apa A?". Saya otomatis kaget kan, loh ?? jangan-jangan temen saya si A ini, dia dari jepang dan pulang ke bandung, gara-gara bunting, astagfiruloh haladzim, saya kaget, untung saya langsung klarifikasi, ternyata dia ga bunting, kan ga lucu kalo jadi gosip. Jadi intinya kata ngidam disini ambigu sekali. maksud si P ini  ngidam itu apa yang lagi dia pengen banget, lah kan ngidam arti sebenernya kemauan si jabang bayi, BAHAYA MAN kata NGIDAM ini !

4.Bro tuh ada telepon
Aduh kata ini  udah banyak saya denger di kostan temen saya. Maksudnya tuh ada panggilan masuk kan ke nomor hape si pengguna, tapi emang temen saya ini realitas juga kaya saya, kita insialkan saja si E, waktu itu dia bilang" Bro tuh ada telepon" waktu saya liat eh ga ada panggilan masuk, maksud si E ini tuh emang telepon asli, ya telepon genggamnya gitu, kan bahaya kalo ketipu di tempat umum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar